ESSIEN, JERSEY BALAP & EKSPETASI BOBOTOH!

Gunawan
Wow, hadiah Persib di hari jadinya yang ke- 84 sungguh di luar dugaan! Kedatangan seorang pemain sekelas Michael Essien menjadi kado yang luar biasa.

Seorang pemain yang cukup kenyang bermain di liga-liga tertinggi Eropa. Pernah bermain dan satu tim dengan mega bintang CR7, bek tangguh John Terry, midfielder sehebat Frank Lampard. Tak terlewat sampai top boy Brazil, Ricardo Izecson dos Santos Leite alias Kaka.

IEU RAMÉ LUR: UWOW! DI MASA DEPAN MANUSIA AKAN MENDONGLOD INFORMASI LANGSUNG KE OTAK!

Once upon a time in social media, masih teringat cibiran dan ejekan dari suporter sebelah tentang jersey kebanggaan Persib. Mereka mengejek dan mengatakan “itu jersey bola atau baju balap?”

Banyak juga bobotoh yang bereaksi dan membalas cibiran mereka dengan pendapat yang logis. Tak sedikit yang membalas mengejek dengan emosi.

Begitu banyak label sponsor yang menempel di jersey Persib. Tapi bagi yang belum tahu (bukan tahu bulat, ternyata jersey Persib yang katanya mirip ‘baju balap’ itu ternyata belum ‘sepadat’ jersey klub-klub luar negeri. Jersey-jersey tersebut ditempeli banyak label sponsor yang menempel.

Kedatangan Michael Essien sepertinya tidak terlalu mengejutkan Bobotoh. Karena beberapa hari sebelumnya sudah terdengar kabar angin kedatangan Essien ke Indonesa.

Hingga kemudian pada hari Selasa, 14 Maret 2017 yang bertepatan hari jadi Persib ke- 84, Essien resmi diperkenalkan sebagai pemain baru untuk memperkuat lini tengah Persib di Liga 1 mendatang. Essien akan memakai jersey dengan nomor 5.

Sebelum kedatangan Essien, berbagai sponsor pernah ‘beriklan’ di jersey Persib. Mulai produk minuman, operator seluler, perusahaan asuransi, perusahaan makanan hingga perusahaan otomotif (mobil dan motor).

Pertanyaannya kemudian adalah:
1. Kira-kira bagaimana bayangan desain dan daya tarik sponsor yang akan menjadi partner bisnis untuk Persib di Liga 1?
2. Bagaiamana mensinkronkan desain jersey dengan sponsor yang akan menempel di jersey?
3. Apakah akan terulang lagi jersey bola yang mirip baju pembalap?
4. Terakhir tapi paling penting, sudah benar-benar siapkah Persib dengan resiko terburuk soal riwayat cederanya Essien?

Tiba-tiba hadir di dalam pikiran saya, wajar teu sih? Mengingat kali ini pemain baru yang datang adalah Essien, salah satu pemain top level.

Apalagi setelah sanksi FIFA beberapa waktu lalu sudah dicabut, otomatis klub Indonesia bisa mendapat (atau berburu?) sponsor apparel untuk jersey atau sponsor produk-produk lainnya. Datangnya Michael Essien bisa merupakan berkah dalam hal rating, marketing juga pamor Indonesia pada umumnya.

Jelas, berita transfer Essien menjadi hot news bagi media luar negeri. Nama-nama beken seperti Adidas, Nike, Puma, Umbro, Reebok, dan masih banyak lagi lainnya bisa berpeluang menjadi sponsor apparel Persib untuk urusan jersey dan seperangkatnya.

Menjadi pemain (dan juga pelatih) di klub sebesar Persib Bandung harus mempunyai mental dan berkarakter kuat tahan tekanan dan kritik jika bermain di bawah rata-rata.

Semoga Essien punya mental seperti itu karena pengalamannya bermain di klub-klub elit liga Eropa.

Tapi ini di Indonesia, ini adalah Persib Bandung dan klub ini punya suporter fanatik bernama Bobotoh. Bobotoh yang menjunjung kutipan seorang legenda bernama Adjat Sudrajat: BESAR KARENA CACIAN, PUJIAN ADALAH RACUN!

Jangan sampai kualitas dan sumbangsih jauh tidak sebanding dengan jumlah rupiah uang yang dikeluarkan klub!

Da moal ngarti atuh bila dia diteriakin “Essien maneh butut!” bila bermain tidak sesuai ekspetasi. Astagfirullah, semoga tidak terjadi seperti itu!

Efek lainnya dari Essien berseragam Persib adalah membuka jalan untuk pemain-pemain luar negeri dari Eropa dan Amerika Latin contohnya, agar berminat bermain dan meramaikan Liga 1 kelak.

Rindu ketika jamannya ada nama-nama beken nan legendaris seperti Mario Kempes, Roger Milla, Marcus Bent dan beberapa nama lainnya pernah mencicipi atmosfir liga sepak bola di Indonesia. Karena saat saya menuliskan tulisan ini, media-media luar negeri gencar memberitakan transfer Michael Essien ke klub Indonesia yang bernama PERSIB BANDUNG!

Lalu siapakah pemain top luar negeri yang akan menyusul Essien yang berminat main di Indonesia? Kita tunggu saja di episode-episode transfer selanjutnya sampai bursa transfer pemain ditutup dan liga 1 resmi bergulir.

Menarik ditunggu bagaimana nanti jersey Persib untuk Liga. Apakah akan mendapat apparel lokal atau produsen apparel dari luar negeri? Bagaiamana pula dengan desainnya andaikan sponsor apparel-nya dari luar negeri? Harganya menyesuaikan meureun nya?

Nah, ini adalah tulisan hasil dari kejadian hari ini tentang datangnya kado ter-wah di hari ulang tahun Persib ke 84. Dan beberapa harapan saya pribadi sebagai seorang bobotoh di hari jadi Persib yang ke 84 adalah…

Semoga persaingan di skuad Persib selalu positif.

Semoga prestasi kembali menanjak dengan meraih demi juara, dan piala-piala akan memenuhi lemari kaca di Jalan Gurame.

Semoga datangnya seorang Michael Essien yang menjadi bagian dari skuad Persib, tidak diganggu lagi cedera dan bisa memberikan ilmu-ilmu yang bisa berguna bagi para young players di Persib.

Dan terakhir, semoga finansial Persib makin sehat & gemuk, tetap lancar dan terkendali. Karena jangan sampai kasus tunggakan gaji Martin Vunk dan Evgeny Kabaev terjadi di klub kebanggaan kami. Amit-amit!

SELAMAT HARI JADI KEBANGGAAN KAMI, PERSIB BANDUNG KE-84. Semoga permainanmu semakin gagah, berseni (bukan yang penting menang), kekeluargaan kalian semakin erat, tak ada seri apalagi kalah dari tim kota sebelah. Jangkan seri, apalagi kalah yang hukumnya HARAM!

We all pray and hope for the best for you, even without being asked, prayer and hope that we always prayed to God.

Akhir kata: Bagimu PERSIB, Jiwa Raga Kami!(Bobotoh.id/RCK)

Ditulis oleh seorang Bobotoh bernama Gunawan yang beralamat di Cihaurgeulis, Bandung.
Penulis biasa mangkal di Twitter sebagai admin magang @berandalbageur

Bobotoh.id mengajak Bobotoh untuk menulis. Kirimkan tulisan maksimal dua halaman MS Word atau 700 kata ke alamat email redkasi idbobotoh.redaksi@gmail.com. Tulisan tidak selalu harus sependapat dengan redaksi. Tulisan tidak mengandung unsur SARA, hate speech, dan pornografi. Tulisan akan disunting tanpa menghilangkan subtansi isi.

The post ESSIEN, JERSEY BALAP & EKSPETASI BOBOTOH! appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(5 views)