KISAH SATUKANGEUN LAMBANG MAUNG SILIWANGI!

Bobotoh yang pernah ke Stadion Siliwangi, terutama yang mendukung Persib di Tribun Timur, pasti mengingat kepala harimau yang berada di scoring board. Kepala harimau tersebut melambangkan pasukan Siliwangi yang bertugas di Jawa Barat.

Kepala harimau yang menjadi lambang pasukan Siliwangi adalah hasil karya pelukis Sunda, Alm. Barli Saswitawinata pada tahun 1946. Lambang itu dibuat atas permintaan Kolonel A.H. Nasution, yang saat itu menjabat Panglima Divisi Siliwangi.

kodam iii siliwangi

IEU RAMÉ LUR: PATUNG MAUNG LUCU DIRUGRUGKAN, JADI PERHATIAN MEDIA!

Adapaun makna simbolis dari lambang Siliwangi itu adalah melambangkan waktu kelahiran Divisi Siliwangi, 20 Mei 1946. 5 helai kumis menunjukkan bulan, 20 bintik menunjukkan tanggal, serta, 46 jambrong (misai) menunjukkan tahun.

Dikutip dari Tirto.id, karena buatan tangan, bahkan dibuat dengan terburu-buru, maka bentuk emblem harimau itu, yang diproduksi massal buat seragam tentara, agak kacau dan terlihat seperti kucing. Tentara Belanda mengejeknya sebagai “lieve poesjes” alias “kucing-kucing yang manis”.

Singkatan Siliwangi (Slw) juga sering jadi bahan plesetan oleh kelompok sayap Kiri yang anti-Nasution sebagai “stoot leger Wilhelmina.” Maksudnya: tentara tukang kepruk (Ratu Belanda) Wilhelmina.

Lepas dari segala hal menjengkelkan dan parodi yang disematkan terhadap lambang maung, pasukan Siliwangi menjadi tentara andalan pemerintahan kabinet Hatta terutama saat menyikat kaum Komunis dan para pendukungnya dalam peristwa Madiun 1948.

Selain berperan di Madiun, menurut Siliwangi dari Masa ke Masa, pasukan Siliwangi juga terlibat dalam penumpasan pasukan Andi Azis, Republik Maluku Selatan, Angkatan Perang Ratu Adil, PRRI-Permesta dan operasi-operasi militer lain pada 1950-an saat daerah-daerah mulai kecewa (salah satunya) dengan langkah politik Jakarta yang memilih jalan unitaris.

Prestasi itu hingga kini, setidaknya dalam buku TNI, sangat dibanggakan maung-maung Siliwangi. Dan maung, pada dasarnya, selalu ingin terlihat garang. (Bobotoh.id/RCK)

The post KISAH SATUKANGEUN LAMBANG MAUNG SILIWANGI! appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(2 views)