Tim Arkeolog Memanggih Dua Kerangka Manusia di Guha Pawon!

Dua kerangka prasejarah kembali ditemukan para arkeolog di Gua Pawon, Kampung Cibukur RT 04/15, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa lalu, 21/3/2017. Kedua kerangka ini ditemukan berada di dua lapisan tanah yang berbeda.

Kerangka pertama ditemukan para arkeolog dari Balai Arkeologi Jawa Barat di kedalaman 2,3 meter, sedangkan kerangka kedua mereka temukan di kedalaman 2,45 meter dari permukaan tanah.

Perbedaan kedalaman tempat kedua kerangka ini ditemukan, menurut Ketua Tim Penelitian Balai Arkeologi Jawa Barat, Lutfi Yondri, mengindikasikan bahwa kedua kerangka tersebut berasal dari generasi yang berbeda.

Ieu Ramé Lur: Tajongan RX Bow Kena Tiang Membuat Lisna Jatuh Mengburusut!

“Karena kedua rangka ini berada di stratigrafi (lapisan tanah) yang berbeda, usia manusia pawon ini berbeda. Namun, bisa kami pastikan, usia keduanya lebih tua dari usia rangka hasil penemuan sebelumnya. Kedua rangka yang baru kami temukan ini diperkirakan berusia lebih dari 9.500-an tahun,” ujar Lutfi sepert diberitakan TribunNews.com.

Selain rangka manusia, tim peneliti juga menemukan berbagai serpihan material atau benda yang mungkin berkaitan dengan peninggalan benda bersejarah. Menurut Lutfi, kemungkinan masih ada kerangka lain yang akan mereka temukan masih sangat besar, mengingat penelitian yang mereka lakukan sejak tanggal 15 Maret 2017 ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari lagi.

“Penelitian masih akan berlangsung hingga Sabtu nanti (25/3/2017). Masih besar kemungkinan bertambah,” ujarnya.(Bobotoh.id/RCK. Foto: Ilustrasi)

The post Tim Arkeolog Memanggih Dua Kerangka Manusia di Guha Pawon! appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(1 views)