Facebook Mengrilis Fitur Anti HOAX!

Facebook akhirnya menggulirkan fitur cek fakta untuk memerangi berita palsu dan hoax. Fitur cek fakta ini menggandeng pihak ketiga seperti organisasi media dan penguji fakta independen.

Dilansir CNNIndonesia.com dari laman Neowin, fitur ini pertama kali diketahui oleh pengguan Facebook yang menyebar tautan di profil Facebook miliknya. Tautan yang berisi klaim ada perbudakan warga Irlandia oleh Amerika Serikat itu ternyata bermasalah.

Ieu Ramé Lur: Mangprang Sore: Kejutan Launching, ‘Kembaran Febri’, Mantan Bintang Barcelona

Di bawah tautan yang akan dibagi, muncul tanda peringatan merah disertai kalimat yang menyebut kebenaran informasi di tautan itu bermasalah.Pengguna yang mengklik tanda peringatan tadi juga memperoleh penjelasan mendetail dari organisasi penguji fakta yang memeriksa kebenaran dari tautan yang hendak dibagi tadi.

Adapun organisasi pemeriksa fakta yang digandeng oleh Facebook masih sebatas yang tergabung di jaringan pemeriksa fakta internasional yang dipimpin oleh Poynter. Dari jaringan tersebut, belum ada lembaga pemeriksa fakta asal Indonesia yang tergabung.(Bobotoh.id/RCK)

The post Facebook Mengrilis Fitur Anti HOAX! appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(0 views)