Persib Bandung vs PSMS Medan, Rekor Dunia Penonton Tak Terpeupeuskan Hingga Sekarang!

Selain Pikiran Rakyat, Kompas.com juga merilis arsip berita yag pernah ditayangkan di koran Kompas pada 24 Februari 1985. Kompas mengenang ‘jebolnya’ Stadion Utama Senayan (sekarang SUGBK) akibat membuludaknya Bobotoh Persib Bandung.

“Jelang PSMS vs Persib, Kenangan Rekor 150.000 Penonton di Senayan,” judul berita yang dirilis Kompas.com hari ini, Sabtu, 25 Maret 2017. Pada berita tersebut Kompas.com mengisahkan pertandingan bersejarah laga klasik Persib Bandung vs PSMS Medan pada final Piala Perserikatan 1985.

Ieu Ramé Lur: Menoong Arsip El Classico PSMS vs Persib Jaman Perserikatan!

Pertandingan ini merupakan pertandingan ‘ulangan’ di mana pada final dua tahun sebelumnya (10 November 1983) Persib Bandung juga berhadapan dengan PSMS Medan dalam turnamen kompetisi amatir yang sama.

Berdasar catatan Harian Kompas, laga final tersebut nyaris batal. Hal itu dikarenakan kondisi Senayan sempat kacau balau.

Kapasitas 100.000 tempat duduk sudah penuh padat melebihi kapasitasnya sejak pukul 16.00 WIB. Petugas keamanan kewalahan menahan serbuah penonton yang menyerbu ke lapangan.

Selama hampir satu jam, seluruh ruang di sekitar lapangan sudah menjadi lautan manusia. Hal ini membuat jadwal pertandingan molor dari pukul 19.00 WIB.

“Diluberi rekor amat luar biasa, sekitar 150.000 penonton, hingga Guiness Boof of Record terpaksa harus mengubah rekor penonton terbesar dalam partai sepak bola, para pendukung Medan berpesta pora,” tulis Harian Kompas, Minggu, 24 Februari 1985.

Menariknya, walau Persib kembali menelan kekalahan 4-3 dari PSMS Medan melalui adu pinalti, tidak ada kejadian kerusuhan. Para Bobotoh kembali pulang ke daerahnya masing-masing dengan aman dan tertib. (Bobotoh.id/RCK. Foto: Dokumentasi Bola/Kompas.com)

The post Persib Bandung vs PSMS Medan, Rekor Dunia Penonton Tak Terpeupeuskan Hingga Sekarang! appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(7 views)