Google Doodle Hari Ini: Ibu Sud!

Google doodle hari ini kembali menampilkan tokoh terkenal Indonesia. Hari ini, Minggu, 26/3/2017 Google Doodle megangkat tema Ibu Sud.

Mulanya sedikit ‘bingung’ begitu mengklik doodle di halaman mesin pencari Google. Karena begitu di-klik (atau tap) doodle tersebut mengarah pada laman Wikipedia dengan entri ‘Saridjah Niung’.

Ieu Ramé Lur: Ini Kan Cuma Pertandingan Persahabatan, Hiburan!

Baru setelah dibaca dengan cermat, Bobotoh bisa mengenali bahwa yang dimaksud dengan Saridjah Niung adalah Ibu Sud. Karena memang semasa hidupnya pencipta lagu anak-anak itu lebih dikenal dengan nama panggilan Ibu Sud daripada nama aslinya.

Ibu Sud adalah pencipta lagu anak-anak yang hingga sekarang masih dinyanyikan dan diperdengarkan. Pernahkah Bobotoh menanyikan atau mendengarkan lagu ” Burung Kutilang, Naik Delman,Kupu-Kupu, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Desaku, Hai Becak, Berkibarlah Benderaku, Bendera Merah Putih dan Tanah Airku?”.

Lagu-lagu tersebut adalag lagu yang diciptakan Ibu Sud semasa hidupnya. Ibu Sud lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 26 Maret 1908 dengan nama Saridjah Niung. Beliau meninggal pada tahun tahun 1993 pada usia 85 tahun.

Saridjah lebih dikenal sebagai Ibu Sud (Soed) karena menikah dengan suaminya, raden Bintang Sudibyo. Dari nama panggilan beradasar nama suaminya inilah nama panggilan ‘Ibu Sud’ berasal.

Sebagai pemusik yang mahir memainkan biola, Ibu Soed turut mengiringi lagu Indonesia Raya bersama W.R. Supratman saat lagu itu pertama kali dikumandangkan dalam acara Sumpah Pemuda di Gedung Pemuda, tanggal 28 Oktober 1928.

Atas karya dan pengabdiannya kepada negara, Ibu Sud menerima penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari pemerintah Indonesia dan MURI.(Bobotoh.id/RCK)

The post Google Doodle Hari Ini: Ibu Sud! appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(3 views)