Menganjang ke Masjid Al Mashun Medan

Mesjid Al Mashun ini adalah salah satu bangunan bersejarah peninggalan Sultan Deli. Walau usianya sudah lebih dari 1 Abad tetapi masjid ini dmasig dipergunakan untuk kegiatan peribadahahan umat Islam di Kota Medan.

Mesjid Al Mashun Medan terletak sekitar 200 meter dari Istana Maimun. Mulai dibangun pada tahun 1906 oleh Sultan Ma’moen Al Rasjid Perkasa Alamsyah dan dipergunakan pertama kali 19 September 1906.

Ieu Ramé Lur: Mangprang Malam: Incar Carlton Cole, Membela Harga Diri, 4 Pemain Jadi Tumbal!

Mesjid Al Mashun atau biasa disebut Mesjid Raya Medan memiliki gaya arsitekturnya yang khas perpaduan Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat.

Dirancang oleh dirancang oleh arsitek Belanda Van Erp dan JA Tingdeman, bentuk mesjid yang persegi delapan ini menghasilkan ruang bagian dalam yang unik. Empat penjuru masjid masing-masing diberi beranda dengan atap tinggi berkubah warna hitam, melengkapi kubah utama di atap bangunan utama masjid.

Masing-masing beranda dilengkapi dengan pintu utama dan tangga hubung antara pelataran dengan lantai utama masjid yang ditinggikan, kecuali bangunan beranda di sisi mihrab.

Jendela-jendela yang mengelilingi pintu beranda terbuat dari kayu dengan kaca-kaca patri yang sangat berharga, sisa peninggalan Art Nouveau periode 1890-1914, yang dipadu dengan kesenian Islam.

Adapun mihrab terbuat dari marmer dengan atap kubah runcing. Gerbang masjid ini berbentuk bujur sangkar beratap datar. Sedangkan menara masjid berhias paduan antara Mesir, Iran dan Arab.

Berikut foto-foto masjid Al Mashun yang didokumentasikan fotografer Bobotoh.id Adam S. Husein di sela-sela lawatannnya ke Medan untuk meliput pertandingan klasik PSMS Medan vs Persib Bandung yang digelar Minggu sore ini, 26/3/2017. (Bobotoh.id/RCK)

adam_masjid_almashun_medan10

adam_masjid_almashun_medan15

adam_masjid_almashun_medan14

adam_masjid_almashun_medan12

adam_masjid_almashun_medan8

adam_masjid_almashun_medan3

adam_masjid_almashun_medan4

adam_masjid_almashun_medan5

adam_masjid_almashun_medan

adam_masjid_almashun_medan2

Tags:

The post Menganjang ke Masjid Al Mashun Medan appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(0 views)