Telat Bayar Pajak STNK Tetap Ditilang? Ieu Penjelasanyanyah!

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan pihak kepolisian akan tetap memberlakukan tilang kepada pengendara yang menunggak pajak tahunan. Meskipun wewenang mengenai pajak berada di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), namun menurut Yusri di dalam pengesahan STNK tersebut ada beberapa kolom yang menjadi kewajiban pihak kepolisian.

“Di dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pengesahan masa berlaku STNK 5 tahun tapi setiap tahun harus diperpanjang, di samsat itu kan kami include dengan 3 pihak lain, ada dari Bapenda, Kepolisian dan Jasa Raharja dan setiap pengesahan STNK harus ada kolom yang disahkan. Saat pengesahan harus dilampirkan pembayaran pajak, sehingga setiap tahun STNK harus disahkan. Jadi kalau setiap pengemudi tidak melakukan pengesahan akan ditilang,” ujarnya seperti dilansir PRFMNews.com, Sabtu, 25/3/2017.

Ieu Ramé Lur: Sang Agen Buka Suara Terkait Kabar Carlton Cole Diincar Persib !

Di dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Pasal 37 ayat (2) yang berbunyi, “STNK berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor.”

Dan ayat (3) yang berbunyi, “STNK berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal diterbitkan pertama kali, perpanjangan atau pendaftaran mutasi dari luar wilayah regident dan harus dimintakan pengesahan setiap tahun.”

“Mengacu pada aturan tersebut, STNK dinyatakan belum sah jika pajaknya belum dibayarkan dan Petugas Polri dapat melakukan penindakan. Saran saya, sebagai Warga yang baik, patuhi peraturan lalu lintas dan taat membayar pajak,” tambahnya. (Bobotoh.id/RCK)

The post Telat Bayar Pajak STNK Tetap Ditilang? Ieu Penjelasanyanyah! appeared first on BOBOTOH PERSIB.

(3 views)